jawaban untuk DPA

#soalIP

45 menit kemudian aku keluar dari ruangan dengan hati berkecamuk. teman2 ku yang menunggu di luar sudah bersungut sungut karena bosan menunggu antrian. mata ku masih memerah, berair. aku duduk menyender di dinding. menghembuskan nafas.

Β 

tau gak, kenapa aku ngadep DPA? ini masih perkara #soalIP ,cuy… tau gak gimana rasanya ngadep DPA dengan IP yang ngglasar kayak punyaku? tau? perih cuy, sakit. udah aku bilang kan, mataku sampe merah. nahan nangis mati matian aku di depen beliau. beliau, layaknya kebanyakan akademisi, menghujami ku dengan banyak pertanyaan. yang sialnya, untuk menjawab saja aku merasa ‘durhaka’ sama beliau.

lebih penting mana, kegiatanmu diluar kuliah sama ini? *sambil nunjuk khs*

penting semua dong,Pak. kegiatan saya diluar kuliah itu gak cuma buat numpang eksis aja, atau iseng iseng berhadiah. tapi disana saya ngelakuin banyak hal,Pak. bermanfaat buat orang lain, menyebarkan Islam, mengkader agar orang orang mau belajar Islam dengan lebih taat, mempertahankan agar Islam tetep berjaya,dan sebagainya. Kuliah juga penting,pak. disini saya bertanggungjawab sama orangtua dan juga rakyat. kenapa? karena orangtua dan rakyat yang sudah menanggung biaya kuliah yang selangit ini,Pak. ah mungkin saya terlalu idealis ya,Pak. sok bermanfaat buat orang lain. tapi apa yang saya punyai sebagai mahasiswa selain idealisme,Pak? tak ada. bahkan saya akan merasa tolol kalau tidak memanfaatkan idealisme saya ini, Pak. ini lah indahnya dakwah,pak. dakwah itu cinta. bukankah cinta akan mengambil semuanya dari saya?

kamu ikut organisasi organisasi itu buat apa? buat eksis aja kan? seneng seneng?

wah, pertanyaan Bapak lucu πŸ™‚ apa menurut bapak organisasi itu klub hobi? buat seneng seneng? enggak pak, organisasi yang saya ikuti punya Β visi misi ,Pak. visi misi kami bukan visi misi dunia. tapi kami mengusung visi-misi Islam. kami mencoba memahami Islam dari segala aspek. kami menjalani ini bukan untuk diri kami sendiri. tapi untuk orang lain,pak. mewujudkan teknik, ugm, dan indonesia yang madani. itu yang terpenting,pak.

orangtua kamu, mereka ngirim kamu ke ugm ini buat apa? sekolah kan? mereka nggak pernah pengen kamu ikut organisasi segala macam kan?

hemm, gimana ya,pak.. kalau dilihat dari latar belakang orangtua saya nih,Pak. mereka lebih menginginkan saya bermanfaat bagi orang lain, terus berada dalam jalur dakwah,walau tidak melupakan kuliah. saya lebih tau mereka dari pada anda. jadi saya yakin mereka akan mendukung gerakan saya selama saya tidak meninggalkan dakwah kampus. dengan segala resikonya, karna itu tadi, dakwah adalah cinta dan cinta akan mengambil semuanya dari dirimu πŸ™‚

kamu sekarang tau kan, apa yang harus kamu lakuin biar nilai2 ini bagus? belajar!! organisasi oke lah, tapi prioritaskan kuliah!!

ya, Pak. saya cuma butuh satu. FOKUS. fokus di lini yang saya jalani. dan terus fokus di dakwah. fokus juga di urusan kuliah. tenang Pak, Allah akan menolong manusia2 yang menolong agama-Nya.

terimakasih, Bapak… πŸ™‚

sayang seribu sayang, aku tak sanggup mengeluarkan jawaban jawaban seperti itu di depan beliau. masih takut durhaka sama dosen nih aku. hahaha. aku tolol ya? biarkan saja. aku cuma tak mau membuat beliau meradang melihat kelancanganku menjawab semua pertanyaan yang beliau ajukan. kadang beliau benar kok, kita emang kudu tetep fokus ke kuliah. kalau aku, fokus dua duanya πŸ™‚ kuncinya itu tadi. FOKUS.

kuliah didahulukan, organisasi diutamakan, #melingkar diprioritaskan !! uyeah πŸ˜€

10 thoughts on “jawaban untuk DPA

  1. puchsukahujan says:

    saya pernah mengalami hal yang sama, dulu di semester 6
    tapi dosenku mantan aktivis, jadi gak ada lah pertanyaan semacam itu
    beliau cuma bilang sambil tersenyum:
    “kok koleksi nilai D mbak? ada masalah? masalah itu jangan dianggap masalah, jadikan saja pewarna hidup”

    ehhe, dan persiapan mental 3 hari lamanya sebelum menghadap jadi lumer seketika melihat keramahannya

    semangat Izzaty!!! πŸ˜€

    • izzatyzone says:

      enak mbak, lha ini dosenku akademisi murni ee -,- aku aja sblm ngadep udh garuk2 tembok kampus sambil meratap semoga bpknya gak marah -.- iya sih gak marah, tp ceramah nya luamaaaa bangeeetttzz πŸ˜€

Leave a Reply to Abdullah Mujaddidi (@muja94) Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s