cerita KK ceria !

yeay kali ini aku mau cerita dikit deh perjalanan KK (kemah kerja) 2014 di Pengasih, Kulon Progo. oleh oleh aja buat yang kemarin nekat minta oleh oleh pas aku pamit KK *yakali*.

sticker regu kami ๐Ÿ˜€

Day 1

Nyampe di wisma dharmais ! tempet kita nginep selama 2 pekan ini. heuheu. sekamar sama yusva, hesti, septi, dan monica. ngga mungkin juga aku sekamar sama temen2 kelompokku dong. yamasa, kan kelompokku cowo semua, aku doang yang cewe~. Pengundian lokasi pemetaan : yeay kelompokku dapet Lokasi 12 ! itu artinya kami memetakan lokasi asrama yg kami tempati plus daerah sampai Sungai Serang. Alhamdulillaaaah. Tapi emg daerah belakang rada kaya hutan gitu. Tetep bersyukur deh soalnya kami dapet 3 nikmat : Pake TS Nikon, kebagian Poligon utama nya GPS, lokasinya paling deket! Semoga sukses deh! Walaupun titik poligonnya nyampe belasan, masih bersyukur dong lokasi nya ngga hutan semua owowowowww :3

Day 2

Musti mereduksi titik poligon dari yg sebelumnya nyaris duapuluh harus jadi empatbelas! bayangkan, dengan lahan gakjelas seluas 6 hektar dan cuma 14 poligon? hebat kali euy. mulai banyak lah kesalahan random dan blunder dari kami berempat (baru 4 karena yg 1 harus ngukur poligon utama). baru dapet 5 poligon yang terukur dari 14 titik. heuuuummm. Lokasinya ngeri ternyata walau deket. Banyak vegetasi yang bikin jarak pandang TS jadi pandek. Dan topografinya? Yakin deh peta yang kebentuk ntar pasti rapat banget garis kontur nya..

Day 3

Gila! seumur umur aku hidup di kolong langit, baru pertama ini aku makan di kandang sapi !!! serius ini coy, gegara ngga tau lagi dimana musti berteduh, kita makan di kandang sapi. nyuuuuh, aroma makan siang bercampur dengan aroma tai sapi ngga akan terlupakan hahahahaa… Oke, muka mulai item, gosong kepanasan, dan nglotok kehujanan. euy.

Kali ini jadi anak lapangan banget. Waktu itu asar udah lewat. Nyaris jam setengah 5. Tapi belum selesai ngukur juga. Aku pas jaga poligon 10. sendirian. hujan. pontang panting nyelametin alat pake payung+ponco. sendirian. 3 cowok cowok itu lagi di poligon lain yang jauh dan ketutup vegetasi yg rapet banget. udah ngga ada waktu buat ke masjid. lagian ini di tengah hutan. gaada masjid dimana mana. akhirnya lewat sms kami mutusin buat solat ditempat itu juga. Wudhu gimana? di sungai. Sholatnya gelar ponco di deket barisan vegetasi :’) yaampun beneran anak lapangan nih :” kece banget deh :”

Day 4

Dan harus ngulang beberapa titik yang meragukan. ada kejadian yang harusnya secara orang normal itu bikin beteee banget. bisa jadi kalo cewe sampe nangis, sumpah serapah, atau apalah. tapi kelompok kami justru ngakak kepingkel saking udah gila nya. ckckckck.

Day 5ย 

Ngukur 3 ย poligon terakhir plus ngitung bowdith nya buat cari koordinat titik poligon kami. sampe hampir sore baru ketemu tuh benernya, soalnya ternyata pas di plot di Surpac jadinya ke-mirror gitu, ternyata ada yang salah di penghitungan azimuth nya. ketelitian poligon kami nyampe 105000 hohohooo. padahal kelompok lain cuma sekitar 20-30 ribu aja. sorenya kami mulai ngukur detil di sekitar mess. walaupun cuma mess, tapi detilnya bikin pusiiiiing ><

Dayย 6 7 8

Full ngukur detil!! paling ribet waktu ngukur sungai deh! kami kebagian 3 sungai. 1 sungai besar, 1 irigasi (lumayan gede juga), dan 1 sungai kecil (kaya selokan tapi agak gede). teleeeerr banget pas ngukur crest-toe nya. harus nyebur juga buat tau seberapa dalem sungainya. sebenernya kerjaan nyebur tuh anak2 cowo yang ngelakuin, tapi emang deh ya mereka udah ngga anggep aku cewe jadi aku musti hampir nyebut juga buat ngukur crest-toe si sungai. heuuummm..

Oiya, cerita menarik adalah pas ngukur di deket pintu air. kebetulan ada rumah yang depennya ada pohon rambutan. dan lagi panen! awalnya aku yg lagi pegang pool nggak ngeh. nah Boscim yang lagi bidik tiba2 siul siul geje ย ke aku sambil ngelirikin matanya ke pohon rambutan. ngakaklah aku kalo dia lagi kode kode. beberapa saat kemudian, empunya rumah nongol. dan metikin kami rambutan sekresek !! hahahahaaa dasar gara gara kau nih Boscim kode kode, jd ngga enak sama yg punya rumah ๐Ÿ˜€ Ga tau kenapa, tapi kok Apip yang jadi kena batunya ya. dia jadi kita ecein mulu kalo sebenernya dia mau dijadiin menantu yg punya rumah hihihi…

Banyak kejadian lucu pas ngukur detil. Mulai dari yudho kecemplung lubang sampe reflektor yang dia pegang pecah, sampai kisah Ponpes X yang bikin kita ngakak ngakak kalo inget. Biar ngga setres, kita suka play musik kenceng2 pas ngukur. sablengnya lagi, kita ngadain kuis tebak-tebakan judul lagu buat setiap lagu yang diputer. Hahahaha. selalu deh, Apip yang kalah :p

Ada lagi, titik poligon 10-11 yang udah nggak masuk akal buat kami. setiap ngukur di titik itu pasti hujan. dan semua pengukuran di titik itu harus diulang! Udah mencoba nih nyari alesan yang masuk akal. tapi udah ngga ada alesan lagi. tinggal satu alesan paling bisa diterima. bahwa tempat itu ”ngeri…” ๐Ÿ˜ untung nya nih kelompok ku woles woles aja

Total titik ikat ada TIGA PULUH DUA !! yak! 32! jumlah abnormal buat titik ikat yang rata-rata kelompok lain cuma 20-an. Demi perfect nya peta kami dan tersebarnya titik spotheight maka kami rela bikin segitu buanyak titik ikat deh :”

Day 9 10

Hari penggambaran. Tapi kami masih ngukur beberapa detil yang kurang lengkap. kaya pemukiman dan bangunan lain. Udah deh ngga paham lagi mesti ngukur gimana kecuali pake pita ukur. berasa kembali ke masa semester satu yak :”

Pas hari 10, kita musti presentasi peta di hadapan dosen2 shift 3. Ada Pak Ruli, Pak Purnama, Bu Christine, Bu Yeni. Pak Heri+ Pak Trias nya lagi ada agenda lain sih jd ga dateng. Awalnya kami sempet deg deg an, karena belum jadi 100% dan banyak detil yang ditanyain. apalagi detilnya wisma dharmais. duuh sampe ditanyain mana ruang dosen, mana tempat parkir, mana kamar mandi. serius itu deg deg an banget soalnya pendopo wisma emg belum kebentuk.

..dan Pak Ruli bilang, “Saya apresiasi sekali peta lokasi 12. Ini sudah sangat bagus sekali. Ya, sangat bagus. Rencananya, peta lokasi 12 akan dijadikan kenang kenangan untuk wisma dharmais. Nanti kami dari jurusan akan membingkai peta lokasi 12 dan memajangnya di wisma dharmais ini. Jadi tolong dilengkapi lagi dan toponim nya dilengkapi. Lalu ruang-ruang kamar itu tolong dibikin sekat setiap blok kamarnya ya. Sekalian Masjid di utara wisma juga digambarkan walau tidak masuk daerah pengukuran kalian. Nanti waktu di kampus tolong peta nya disempurnakan lagi.”

Kami bengong. Kyaaaa rasanyaaaa puaaaassssssss banget!!!! Nggak sia sia kami ngukur lokasi 12 yang walau deket tapi paling susah ini. Allah.. terimakasiiiih banget :” Kami yang udah teler kecapekan langsung semangat lagi! moodbuster banget deeeeh ๐Ÿ™‚ tetap ceriaaa regu tigaaaa!!!!

Day 11

H-1 kepulangan ke jogja. kami harus uji peta. yeah, menguji peta yang udah dibuat kelompok lain. Malemnya, kami sharing sharing sama dosen dan nyanyi bareng temen2 :” nggak kerasa bangett udah 12 hari kami di jadiin satu buat Field Camp. semua bakal selalu terkenang, kawan.

Day 12

Pulang ke jogjaaaaaa ๐Ÿ™‚

Kalo ada yang bilang; naik gunung itu bikin kamu tau sifat asli seseorang, aku bisa bilang Kemah Kerja lah yang bikin kamu tau banget orang itu kaya apa. sesabar apa dia, se-emosi apa dia, kelakuan dia kaya apa. yaiyalah. 12 hari selama 24 jam, barengan!! gimana ngga bakal tau? mulai dari yang sopan banget sampe yang norak banget topless di depan cewe cewe. ada yang perfeksionis banget. yang malesan. yang optimis banget. yang ngga pernah berhenti ketawa. yang suka mancing emosi. yang care. yang cuek. yang pelit. yang sinis. heheheheee…..

semangat geodeleven! selamat melanjutkan cita cita kalian di Jogja ๐Ÿ™‚

I’ll miss you group 3 ๐Ÿ™‚ You made my Field Camp so happy every day ๐Ÿ˜€ kaya slogan grup kita. Regu Tigaa… CERIAA!!!! waktu mulai stres ngukur kita selalu bilang,”kita lihat hasilnya di hari terakhir” and we made it, guys !!!! ย -Trias, Afif, Lutfi, Yudho-

Jogja, 090214

*nb : foto2 nya belum di aku, besok deh kalo udah dapet semua foto nya aku posting ๐Ÿ™‚

8 thoughts on “cerita KK ceria !

  1. naim rohatun says:

    ciaaat akhirnyaaa pulang dari KK. asik banget dah kayaknya pik. ikut seneng bacanya ๐Ÿ˜€
    tapi belum usai kah pik? masih nglengkapin petanya ya? ๐Ÿ˜ฎ

    • izzatyzone says:

      hahahaaa ๐Ÿ˜€ iyadongs ceria bangeet walau capek nya berhari hari ๐Ÿ™‚
      belum say, masih harus menyempurnakan gambar peta dan bkin laporan, jalan msh panjang ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s