Ekspedisi Merapi

Subhanallah Alhamdulillah Allahu Akbar, Laa haula wa laa quwwata illa billaah… akhirnya diperkenankan Allah buat merengkuh puncak Merapi dan melihat langsung kawah salah satu gunung teraktif di dunia ini *terharu* *wis meh mewek* :’D (harusnya nulis di sini senin atau Selasa kemarin, tapi nanggepin salah satu temen yang yaaah bawel bgt di wasap jadinya kecapekan ampe tengah malem :p)

Berangkat dari New Selo, Boyolali, sekitar Malam Minggu (etyaa biar dikira malmingan) pukul 19.00. Mulai mendaki trek merapi yang sangat beragam. Diawal udah entahlah, dada sakit sakit, muntah segala, padahal baru beberapa ratus meter. Tapi kayaknya emang efek pertama kali muncak deh, kuatin mental aja harus sampe puncak πŸ™‚ Tapi eh lama-lama enteng loh ini badan, hihihi. Lalu melewati trek Pasir dan kerikil, bongkahan batu, kerikil besar, dan taraaa sampe Pasar Bubrah sekitar pukul 01.30 (minggu pagi). Alhamdulillah… Bobok dulu buat simpen tenaga esok hari ke puncak. Puncak Merapi udah terlihat jelas banget. Bikin deg-deg an *eyaaa*.

Oiya sepanjang perjalanan udah kaya jadi pusat perhatian deh sama pendaki lain. Udah itu malem minggu pula. Kita dihafal sama pendaki lain karena 30 orang cewe, pake jilbab rapih dan rok semua, cowoknya cuma 7. heuheuheuuu…

sunrise @ Pasar Bubrah

sunrise @ Pasar Bubrah

Pagi-pagi sehabis ngeliat sunrise, berangkat ke puncak Merapi. Bismillah… πŸ™‚ Treknya pasir dan kerikil brooo, longsor muluu ampe pegel. Ibaratnya, 3 langkah maju, mundur 2 langkah :”D Tapi setelah itu bongkahan batu besar ding. Jadi lumayan ada buat pegangan…hidup. Eh bukan, maksudnya beneran pegangan kalo2 ada batu jatuh dari atas. Mulai ke trek bebatuan, nah udah kaya baca novel 5cm. Teriakan “Awass, batuu!! Batu woii!!” nah yang kaya gitu tuh makin ke atas makin sering kedenger. Aku juga sih, jatuhin batu trus teriak2 gitu, walau gak terlalu gede tapi kalo kena ya sakitnya tuh disiniii *pegang jidat*. Hebring aja rasanya. Ngeliat batu bongkahan jatuh Β gitu siapa yang ngga ngeri?

oiyaaa… Persaudaraan sesama pendaki keren deh!! Salut aku. ngga peduli asal, jenis kelamin, golongan, agama, apapun itu deh, saling tolong menolong banget! Kalo salah jalan dikasih tau yang lebih enak, trus ditawarin minum, sampe ditawarin pertolongan gitu. Wuiiih beneran kerasa! padahal ngga kenal sama sekali ehehee. Saluuut *jempol* (y)

Alhamdulillah sekitar pukul 07.30 sampai jugaaa di puncak Merapi !! πŸ™‚ Masya Allah beneran deh ngga nyangka bisa nyentuh puncak nya, bisa liat kawahnya langsung. Sepanjang perjalanan tuh ngomong dalam hati, “ini serius batu2 gede tajem gini dimuntahin Merapi? Masya Allah dahsyat benerr isi Merapi ini.” Beneran speechlees tapi gak photolessΒ ,orang abis itu poto-poto segala rupa πŸ˜€ Nggak boseen nongkrong di puncak. Masih ngga percaya aja beneran sampe puncak. Bisa liat Merbabu di depan. Biasanya ngeliatin Merapi dari jalan Kaliurang atau dari jembatan teknik sambil mesem mesem. Sekarang beneran di puncaknya. Wuuuuuww trimakasih Ya Allaaah :”)

pucuk! pucuk! pucuk!

pucuk! pucuk! pucuk!

puncak !!

puncak !!

Puas nongkrong di puncak, puas foto-foto, saatnya turun, berkemas bersiap pulang.Tapi adaaa aja yak, cewek mah kalo siap2 pastiii lama. Fyuuuh ampe ketiduran nungguin euy. Jam 12 baru deh kita beneran turun dari pasar bubrah…..dengan berat hati…. sambil liatin puncak Merapi…. kaya ngeliatin pujaan hati yang ditinggal pergi (Fi apasih plis deh). Ehehehee.. Ternyata turun gunung tuh susah ya *nahan tangis*. Entah udah berapa kali kepleset, ndelosor, gedebukan, ampe seluncur juga. Pak Bayu yg di belakangku sampe bilang, “Udah berapa kali tadi main perosotannya, Mbak? Pake aja matrasmu itu buat jadi alas, seluncuran deh sekalian.” Yeee si bapak, emang saya lagi main Kayak? Β -______-

Jam 4 baru nyampe New Selo lagiii aaaaakkk dengan kaki pincang karena terkilir huhuhuu. Tapi tak apalah πŸ™‚ Setelah minum teh panas dan makan gorengan akhirnya pulang juga. Masuk kendaraan udah males keluar lagi, ngantuk meeen. Hahahaaa. Dan jam 10 malem baru sampe kontrakan. Lama ya? Iya soalnya nungguin rombongan juga…

Terimakasih Merapi. Pesonamu takkan kulupa :’)

Terimakasih buat Abi dan Umi yang mengizinikan putri pertamanya yang cantik keren dan ngga bisa diem ini buat melanglangbuana dengan kata kata “hati hati”. Beda bahasa doang sih πŸ˜€ Abi said,”Be careful,dear” dan Umi bilang, “ya, hati-hati”. Special gift buat Umi dan Abi dari puncak Merapi udah dikirim langsung via WA (karena anakmu ini nggak punya BBM, padahal Abi nya punya, kurang gaul apa coba Abi). Love you all the time :*

Terimakasih buat tim Santika Jogja. Huaaa beneran makasih bangeet pendampingannya :’D Mba Sofi, Mba Yana, Mba Lopinda, dll (ga apal soalnya, karena mirip semua seragamnya, muehehee). Serta tim Kepanduan (ihiirr), para bapak-bapak yang seru dan safe banget ke kita cewe2 ini huhuhu. Pak Gun, Pak Bayu, Pak Herman, Pak Anang, Pak Thoriq, mas Haris, Mas Sahid. Makasih udah bimbing saya yang hampir pingsan di awal, dan terus kuatin mental “pokoknya sampe puncak! pucuk! pucuk! pucuk!”

Yang selalu aku inget adalah nasihatnya Pak Thoriq (kalo ga salah) ->

“Kita naik gunung bukan untuk menunjukkan seberapa kuat diri kita. Tapi, semakin banyak gunung yang kita daki, semakin terasa lemah pula kita di hadapan Allah” πŸ™‚

Merapi, 20-21 September 2014

11 thoughts on “Ekspedisi Merapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s