Eksotisme Bentang Alam Pantai Sundak

sundak

Tak usah jauh-jauh! Sekarang saya ajak anda untuk menikmati indahnya Pantai Sundak. Pantai ini berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk mencapai lokasi tersebut, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Yogya. Anda bisa melalui Wonosari dan menuju Tepus, Gunung Kidul. Terakhir saya ke sana, waktu saya masih SMA. Hehehe…

Bagaimana karakteristik Pantai Sundak?

Wilayah Gunungkidul memiliki topografi yang dikenal dengan sebutan karst. Karst merupakan daerah dengan bentang alam unik yang terjadi akibat adanya proses pelarutan pada batuan yang mudah terlarut umumnya formasi batu gamping. Selain terbentuk pada larutan batu gamping, bentang alam karst dapat pula berkembang pada batuan dolomite.

Pantai Sundak memiliki jenis batuan gamping dengan tingkat pelapukan fisik sedang hingga kuat. Dengan jenis batuan dasar berupa gamping, tanah yang terbentuk di pantai ini termasuk jenis Mediteran.

Lebar sedimen pada Pantai Sundak adalah 12,7 meter, dan jangkauan pasang surut litoral pada Pantai Sundak sekitar 12,685 meter. Jangkauan pasang surut litoral sangat pendek jika dibandingkan dengan Pantai Baron padahal lereng Pantai Sundak cukup landai. Jangkauan pasang surut yang pendek khusus untuk Pantai Sundak dikarenakan oleh Pantai Sundak memiliki karang yang menempel tepat di pinggir pantainya, sehingga bagian sedimen yang terdapat di pantai lebih sedikit dibandingkan dengan panjang sedimen yang terdapat di karangnya. Jangkauan pasang surut Pantai Sundak tidak memberikan kontribusi yang besar pada penambahan energi gelombang di Pantai Sundak.

Energi gelombang pada Pantai Sundak  termasuk ke dalam kelas energi gelombang lemah. Energi gelombang tersebut berasal dari hempasan gelombang laut yang pecah di pantai yang menghancurkan daratan (abrasi pantai atau erosi laut) yang diperkuat dengan tidak adanya halangan (barrier) pada pantainya. Pantai Sundak memiliki kekerasan batuan yang cukup homogen. Hal ini terbukti dari bentuk Pantai Sundak yang memanjang teratur.

Butir sedimen pantai ini termasuk kedalam jenis sedimen pasir sangat kasar. Butir sedimennya berwarna cerah merata hampir pada semua bagian pantainya. Butir sedimen Pantai Sundak berasal dari hasil kikisan dasar laut yang kemudian diendapkan di pantai.

Pantai Sundak memiliki salinitas air laut antara 32 – 33 ‰. Suhu perairan berkisar antara 33 – 36 ˚ C. Di perairan yang terlindungi suhu air laut lebih rendah dibanding dengan di perairan yang tidak terlindungi. Derajat keasaman perairan pantai Sundak berkisar antara 7,5 – 8,5. Pada bagian barat pantai Sundak dimana terdapat arch nilai derajat keasaman lebih rendah dibanding di bagian lainnya.

sundak (1)

sundak3

Di Pantai Sundak, kita bisa menemukan banyak sekali jenis hewan air. Bahkan saya bisa melihat ubur-ubur kecil melayang di sebelah saya. Wooooww… Saking beningnya air membuat kita bisa menikmati apa yang ada di bawah air. Ekosistem terumbu karangnya juga termasuk masih baik dan terawat di pantai ini.

Berbagai kegiatan bisa kita lakukan loh di pantai ini. Anda bisa mendirikan tenda untuk menginap di bawah cahaya bintang dan deburan ombak nan romantis (*jiaaah). Atau bermain air bersama biota laut seperti kepiting, ikan-ikan kecil, bahkan ubur-ubur? Bisa! Saya dulu malah penelitian biota laut ambil sampelnya di Pantai Sundak, lho. Hehehe..

Ohya, jika menengok ke salah satu sisi pantai, mata Anda akan dihadapkan dengan gua. Di dalam gua tersebut terdapat mata air tawar. Dan ada sebuah legenda yang menghubungkannya.

Konon, dahulu terdapat seekor anjing yang sedang kelaparan dan bertengkar dengan landak dalam gua tersebut. Ketika sang pemiliki anjing mencari keberadaan peliharaannya, tiba-tiba anjing ini keluar dari gua dengan menggigit sebagian tubuh landak. Pemilik anjing pun masuk ke dalan gua dan tak disangka muncul mata air tawar. Pada akhirnya, mata air ini dimanfaatkan warga untuk kehidupan sehari-hari. Berdasarkan cerita tersebut, maka pantai ini diberi nama Sundak. Sundak merupakan kepanjangan dari Su yang berarti anjing dan Dak untuk landak.

Hehehe, lucu ya ceritanya 😀

Selamat berlibur!


*) Sumber:

I-Geography

Detik Travel Community

Pusat Pengelolaan Ekorigon Jawa

*) Luthfi Izzaty, Mahasiswa Jurusan Teknik Geodesi UGM

2 thoughts on “Eksotisme Bentang Alam Pantai Sundak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s