Kalahkan!

Seharian ini bukannya aku tidak melakukan apa-apa. Aku masih membuka laptop dan mengecek sana sini. Membuka grup whatsapp dan membicarakan hal penting – tidak penting macam-macam. Mengamati salah seorang kawan yang terlihat tak berdaya dengan himpitan deadline skripsi.

Awalnya aku tak percaya ada orang buat skripsi sampai nggak doyan makan, mual, pusing, dsbg. Tapi begitu melihat kawan satu ini tetiba nongol di pintu kontrakan dengan muka sayu, keraguanku hilang. Stress akut, asam lambungpun naik. Ditambah begadang berhari-hari. Wuhuw.

Pun juga setelah kuliah usai, temanku ada yang bertanya, “kamu mau ambil tema skripsi apa?” Hanya cengiran lebarku yang menjadi jawabannya. Bukannya aku tak siap, tetapi melakoni skripsi memang menjadi perjuangan yang sangat berbeda bagi mahasiswa. Berbeda dengan laporan tugas besar setiap akhir semester pun.

Makanya, di luar kontroversi yang masih bergulir, aku menyetujui tindakan UGM yang menolak penghapusan skripsi. Apa? Skripsi palsu? Ijasah palsu? Yaila, kaya gitu yang musti dibenerin mentalnya, bukan skripsiny yang disalahin. Katanya, mengerjakan skripsi adalah berperang dengan diri sendiri. Dengan rasa malas, takut, dan sebagainya.Ya, semua itu yang harus dikalahkan!

Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. ~ Anies Baswedan

Haduh, banyak omonglah aku ini. Padahal dapet judul atau sekadar tema saja belum. Sementara teman lain sudah ada yang mau sidang. Ah biarlah. Toh kesiapan pribadi lebih penting daripada “cepet-cepetan”. Heuheuheu..

Jadi, liburan semester ini mungkin aku tak lama pulang. Menceburkan diri dalam jurnal dan referensi. Semoga kuat, semoga berani 🙂

Jogja, di ujung malam

*) Ditulis untuk mengikuti #NulisRandom2015 #Day4

2 thoughts on “Kalahkan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s