Membaca Menulis

Alkisah, ada seorang gadis kecil yang ketahuan membikin buku agenda Bapaknya sebagai buku diary nya. Dan bisa ketebak, ulah gadis kecil ini ketahuan. Rumah yang kecil tidak memungkinkan dia menyembunyikan rahasia. Macam diary apalagi. Ulang tahunnya kemudian, Buku Diary adalah kado dari Bapaknya. Semenjak saat itu, dia tidak berhenti menulis diary. Setiap hari, hingga bukunya sudah 7 jilid sampai sekarang ini. Sekian.

Kisah di atas diadopsi dari kisahku sendiri, dengan sedikit perubahan. 😀 Yak, gadis kecil itu adalah aku. Dan si Bapak, adalah Abi ku. Tentang diary dan tidak berhenti menulis, ya, aku melakukannya.

Tidak hanya itu. Kebiasaanku melahap buku ternyata turun dari kedua orangtuaku. Keduanya memiliki buku sejumlah almari di rumah. Belum lagi yang dipinjam orang lain dan lupa tidak dikembalikan. Entah sudah berapa ratus. Kebiasaan yang tidak berhenti sampai sekarang. Rajin sekali ke bookfair atau toko buku di Solo.

Membaca dan menulis memang tak pernah bisa dipisahkan. Memang kau mau menulis apa kalau tak pernah membaca? Kepekaanmu dilatih dengan seberapa banyak kamu membaca. Hah, banyak teori kali ya? Tapi itu benar, sobat. Seorang kawan pernah bertanya padaku, “Fi, aku buntu banget mau nulis. Gimana dong biar dapet inspirasi?” “Membacalah banyak buku,” kubilang.

Kata Aa Gym, Teko hanya akan mengeluarkan isi yang sama dengan di dalam teko tersebut. Begitu juga membaca dan menulis. Akupun juga. Sering sekali, ketika selesai membaca suatu buku yang membuatku sangat terkesan, aku menulis dengan sisi yang mirip. Entah penokohan karakter, gaya bahasa, bahkan ide cerita. Bukan, bukan menjiplak ya. Tapi inspirasi itu datang dan berkembang. Kalau menjiplak, ya sama semua. Nggak ada imajinasi darimu sendiri.

Aku menulis. Karena aku tahu kau suka membaca. ~NN

;sembari mendengar radio;
#NulisRandom2015
#Day15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s