Ditakdirkan Berbeda

Selamat jelang malam!

Alhamdulillah, hari ini tepat sudah 7 hari Ramadan berjalan. Setiap tahun, pasti ada sesuatu yang berbeda. Ya nggak mungkin lah, kalau Ramadan  kita berjalan gitu-gitu aja. Masa sejak awal masuk kuliah jadi Pasukan Pemburu Takjil (PPT) mulu? Peningkatan dong sekarang jadi Pasukan Pemberi Takjil, hahaha 😀 *piss

Dan memang, persoalan berbeda ini terjadi pula denganku. Cukup berbeda dari Ramadan sebelumnya, aku memang harus berpuas diri nggak ikut kajian sore di masjid-masjid sembari nunggu buka puasa gratis. Karena di tahun ini, Alhamdulillah kedai juga buka jelang masuk waktu buka puasa. Jadi ketimbang aku pulang malam-malam aku pilih jaga sore. Ya akhirnya itu harus dibayar dengan nggak ikut kajian sore. 

Omong-omong, nggak ikut kajian sore sebenarnya masih bisa diakali. Ikut kajian pagi, misal. Hanya saja, terkadang gaya gravitasi kasur emang lebih kuat daripada suara ustadz! (Yang setuju pasti mesem-mesem) Tapi masih bisa diakali juga. Sekarang jamannya ONLINE kan, yaaa. Streaming darimanapun juga bisa! Sambil jaga kedai, streaming-an kajian, ringkasannya upload di twitter. Semoga sih pahalanya bisa nyaingin yang dateng ke kajian, deh.

Lagian selain itu, Ramadan kali ini terasa berbeda soalnya aku harus ngerjain skripsi pas puasa. Nggak seperti tahun-tahun kemarin, tahun ini Insyaa Allah jadi Ramadan terakhir di bangku kuliah (dan di Jogja, maybe). Jadi efektifitas waktu mutlak diperlukan antara ibadah, tilawah, dan garap skripsi. Bisalah yaaa 🙂

Kalo kata Ustadz Solihun di Kajian Sore, apapun yang terjadi sama kita itu takdir baik. Buruk nya itu hanya dari pandangan manusia. So? Syukuri aja semua yang ada. Perjuangin aja takdir baik kita, semoga. Semoga bisnis, ngerjain skripsi, juga beberapa project menulis, jadi sebuah amal baik yang Allah nilai ibadah. Apalagi, semua ibadah akan dilipatgandakan pahalanya di bulan suci ini.

Ditakdirkan berbeda dari yang lain? Syukuri aja! 🙂

 

=======================================================

*tulisan ini jg sbg Project #RamadanMenulisAlaMelimovers-2 yang digagas di grup Melimove.

*sekalian salah satu rangkaian project nya #HujanKarya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s