#10 Write About Something for Which I Feel Strongly

communication-media-web

Tema hari ke 10 : write about something for which you feel strongly.

Sebelum memutuskan menulis apa, aku diskusi dengan Wardah dan beberapa teman lain tentang tema ini. Apa sih, artinya? Aku juga meng-google beberapa tulisan tentang tema ini terutama blogger daerah UK, karena mereka pasti tau maksudnya Hahaha.. Payah kali bahasa inggris ku emang.

Jadi kalau diartikan secara harfiah, feel strongly artinya sesuatu dimana kita concern terhadapnya atau punya perasaan yang kuat dan kita punya opini bahkan gerakan terhadap sesuatu itu.

Media and Literacy !

Kenapa? 

Sedari SD aku udah ikutan tim Mading. Majalah Dinding yang kudu update tiap pekan itu, yang kalo kita ngga update akan terjadi demo besar besaran. Bhay. Lebay. SMP aku ikut majalah sekolah, tapi aku remahan chiki banget itu. Baru tau cara nyari berita yang baik, nulis, bahkan layout majalah. Tapi menyenangkan! Waktu SMA aku gabung di buletin bahasa Inggris, huahaha. Sebenarnya klub debat, tapi kami akhirnya menelorkan buletin bahasa Inggris. 

Dan lagi, sekarang aku merasa literasi media di Indonesia khususnya, parah banget. Banget. Media mainstream?? Do you trust them? Bad news is a good news! Kita semua tau, dalang di balik media mainstream itu siapa. Jejaring itu berpilin, berkelindan tiada pangkal ujung. Sampai akhirnya kamu, kita , memilih apatis. Salahkah? Mungkin.

Kecerdasan masyarakat soal media ini mengerikan. Gampangnya, sekarang mudah banget orang-orang ngeshare sesuatu, copy paste, dari antah berantah sumbernya. Embel embel sumber GRUP SEBELAH ini bikin aku gemez. Seakan kalo udah ada GRUP SEBELAH itu bener dan si penyebar berlepas tangan. Siapa sih admin dan anggota GRUP SEBELAH ?? 😤 

Makanya aku juga gabung di sebuah komunitas, Media and Literacy Movement MELIMOVE yang tujuannya pengen kasih pencerahan tentang literasi media. Emang sih masih banyak perbaikan yang harus dilakukan tapi setidaknya one step daripada cuma misuh-misuhin media mainstream wkwk.

Dan sekarang, kerjaanku juga masih bau bau media. Pencerdasan masyarakat lewat media alternatif, bukan lewat TV atau Koran. Walaupun tak menampik kemungkinan bakal kerjasama juga sama media macam koran dll.

Serius, kecerdasan bermedia itu berpengaruh kepada pola berfikir seorang manusia. Mempengaruhi pula caranya bertindak. Katanya, YOU ARE WHAT YOU READ. Jadi nggak boleh dong sok pake kata Kalian Semua Suci Aku Penuh Dosa. Nggak nyambung kayanya, Fi? Emang.

Selamat malam!

3 thoughts on “#10 Write About Something for Which I Feel Strongly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s