#24 Tentang Ikhlas

ciels

Tema hari ini : write about a lesson you’ve learned the hard way.

Agak susah sih, sesusah memahami artinya. Jadi, pelajaran apa yang kamu dapatkan dengan susah payah?

Contohnya nih, ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. LoL. Sorry bukan mau nyindir siapa-siapa cuma itu lagi sering banget nongol di timeline twitter. Emang yak, temen-temen yang suka nulis tu aneh-aneh kelakukannya Wkwk. Eh tapi bener, kejadian macam itu pada akhirnya membuat kamu belajar, kalau dia tuh bukan milik kamu. Wes lah, stop waiting, stop hoping, stop bribik. Go ahead your life!

Kok aku jadi nasehatin kamu? Hahaha maaf~

Pelajaran yang aku dapatkan dengan susah payah selama aku hidup 23 tahun di dunia ini; IKHLAS.

Rabbana… benar-benar susah melakukan satu kata ini. Seperti QS Al Ikhlas yang tidak ada kata “ikhlas” di sana, tidak perlu pula mengatakan “aku ikhlas” atas semua kejadian.

Ada banyak sekali situasi dan kondisi yang tidak sesuai keinginan. Ketika ego sedang tinggi-tingginya. Ketika nasib seperti enggan berpihak. Ketika beban serasa menekan punggung. Ketika 24 jam serasa kurang. Ketika ritme hidup begitu kacau. Ketika….

But life must go on, isn’t it? Atau ketika aku sudah menyerah dengan satu kondisi, sering rasanya sampai bilang, “Allah, saya nggak ngerti lagi musti gimana. Saya nggak tau ini anugrah, ujian, atau azab. Kuatin saya aja Ya Allah, bikin saya bisa melewati semua ini.”

Ikhlas, buatku adalah menerima sekaligus berjuang dalam kepasrahan itu. Ada hal-hal yang patut disyukuri ketika ikhlas sudah menjelma dalam laku. Ada kemudahan-kemudahan yang tidak kita sadari ternyata beriringan dengan sebuah kondisi sulit.

Sampai sekarang, aku masih belajar. Belajar nrimo, kalau kata orang Jawa. Toh, Dia nggak akan meninggalkan kita selama kita keep in touch sama Dia, kan? Senyum! 🙂

7 thoughts on “#24 Tentang Ikhlas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s