Apa!

Di antara gemerisik angin berdansa bersama hujan,

ada aku, tersentak sedalam rasa duka

Apa yang kaulakukan?

Berhenti tanpa mengabari, berdiam tanpa satupun kauucapkan, berkata hanya dengan tanda-tanda

Tetiba menghilang, tanpa bayang-bayang. Apalagi sesuatu untuk kukenang

Aku menyalang, menggeram diatas bias piksel

Memang kauanggap aku ini apa?

 

*tema-nya: nulis apapun yang pengen kamu tulis.

3 Sedekah Kreatif Versi Luthfi

Tema pekan ini adalah sedekah kreatif versiku. Karena sedekah ngga melulu duit, bisa dengan apapun, kan?

Aku tulis 3 sedekah kreatif versiku, yyang benar aku sudah lakukan. Karena “kaburomaqtan ‘indallah man taquulu ma laa taf’alun..” — murka Allah bagi orang yang mengatakan apa yg tidak dia lakukan. Alias ndobos.

1. Beli sabun batang 1 biji dan taruh di WC umum yang ngga ada sabunnya

Hasil gambar untuk sabun batang

cr : @nationalgeographic

Sabun batang itu gaes, murah banget. Seribuan juga dapet! Nah kalau kita taruh di WC umum yang rata-rata ngga menyediakan sabun trus dipake banyak orang, berapa banyak pahala yang kita dapet? Bismillah, ya!

2. Ambil barang yang udah ngga dipake, trus taruh di depan rumah

Jangan lupa ditulis “barang ini sudah tidak kami pakai, silakan kalau mau diambil/dimanfaatkan.” Alhamdulillah, beberapa kali aku dan temen2 kontrakan ketika selesai beres2 nemu barang yang emang kita nggak pakai lagi trus kita taruh di luar garasi. Dan ternyata langsung ludes ngga sampai sehari! Seperti rak plastik, tempat makan entah punya siapa (dan bukan tupperwware wkwk), kertas bekas revisian/organisasi, sepatu kesempitan, dll.

3. Pinjamkan HP ke teman yang membutuhkan 

Hasil gambar untuk handphone

cr : batampos

Di dunia aktivis mahasiswa (setahuku di UGM sih, gatau kalau kampus lain) kami biasa minjemin  HP ke temen-temen  kami yang butuh HP. Bisa jadi HP dia rusak, hilang, dicopet, atau emang belum mampu beli HP. Alhamdulillah aku diberi keluasan rezeki, punya 3 HP. Yang satu cuma bisa buat sms/telp, yang dua basis android. Seringnya yang diputer ya 2 itu kecuali satu android aku pakai. Sebenarnya yg 1 punya temanku, cuma dia “masrahke” ke aku biar dipakai hahaha.

Tapi aku milih-milih juga kalau minjemin ke orang. Lebih seneng minjemin ke temen yang udah aku kenal, atau yang berkelakuan baik. Intinya aku ngga mau hp itu dipakai maksiyat sama dia, biar berkah dong. Ngahahahaa. Dan alhamdulillah, hp ku termanfaatkan, selama ini sudah sekitar 5 orang yang minjem dengan jangka waktu rata-rata 2 bulan.

Kenapa nggak dikasihkan aja, Fi? Wah, belum sampai tahap ini nih baiknya aku, emang. Soalnya kupikir, agar teman yang dipinjami itu lebih berhati-hati karena bawa barang orang. Dan juga, dia lebih berusaha (dgn cara halal) untuk dapat punya HP sendiri nantinya.

Gimana? Udah kreatif belum? Heheheee…

Superhome

Beberapa orang yang peka terhadap perubahan sikap dan raut wajahku bertanya, “Ada apa?”

Aku hanya tersenyum sinis, “Apa?”

Sebagai orang introvert  yang nasib malah punya muka ekspresif, orang-orang ini sebenernya merasa aku sedang ada “sesuatu” tetapi ya tahu juga kalau aku nggak akan sembarangan bilang kenapa.

Aku mau bilang aja di sini, 2 pekan ini, sampai sekarang, aku homesick. Udah sebulan ngga bisa pulang ke rumah. Hhh…. I miss my home, miss my mom, miss my dad.. keseringan ketemu adek2 daripada ketemu ortu malahan…

img-20170226-wa0010

home 🙂

Akhirnya kemarin minta adek yang lagi pulang buat fotoin rumah… ih, kangen.. pekan inilah pulang ya :”)

7 Tempat Makan Favorit

Sewaktu di kampus -aku sebut di kampus karena walaupun kerja masih di Jogja, udah nggak di sekitar kampus UGM- ada beberapa tempat yang jadi favorit buat makan bareng ataupun sendirian.

1. Loempia Boom

@loempiaboom

Tempatnya asik buat nongkrong dan ngobrol atau rapat. Menu makanannya juga nggak biasa, lompia guede yang bisa bikin mblenger. Harganya masih wajar sih, cuma kalau akhir bulan makan di situ ya tekor.

2. Waroenk Inyonk Continue reading

Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur, Sehat!

Aku punya banyak kebiasaan buruk yang tidak boleh ditiru! Tetapi aku juga punya kebiasaan baik yang malah harus ditiru!

Apa itu?

Begitu bangun dari tidur, minumlah segelas air putih sebelum melakukan aktivitas apapun selain berdo’a. Ambil segelas air putih dan minum sampai habis saat itu juga.

Hasil gambar untuk air putih

Aku mulai melakukan ritual ini ketika aku SMP. Awalnya Abi yang menyuruhku. Sewaktu aku pertama kali mencoba, hueeeekk, rasanya nggak enak! Bayangin aja dong, mulut bau dan penuh iler begitu langsung minum air putih. Ya Allah… Tapi demi kesehatan, ya aku lakukan saja itu setiap hari. Akhirnya menjadi kebiasaan sampai sekarang (dan semoga seterusnya). Kalau lagi di perjalanan atau kegiatan di luar (dome/makrab dll) biasanya sering kelewat. Alhasil tenggorokan jadi kering dan nggak nyaman di mulut sama perut. Hehehe.

Biasanya, setelah minum air putih aku diam sejenak. Beberapa saat kemudian, pasti akan ada rasa pengen pipis/pup yang kemudian aku artikan bahwa sistem pencernaan dan ginjalku sehat. Yey!

Kalau kata doktersehat.com ada 9 manfaat minum air putih ketika bangun tidur alias saat perut kosong: (read http://doktersehat.com/9-manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong-di-pagi-hari/ )

1. Kulit Jadi Berkilau
2. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah 
3. Penyeimbang Sistem Getah Bening
4. Menyeimbangkan Sistem Limpa
5. Melangsingkan Tubuh
6. Membersihkan Usus
7. Menambah Darah
8. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat
9. Memperlancar Buang Air Besar

Nih, contoh ya!!! 🙂

(Bukan) Tips Kuliah

pexels-photo

Pilihannya ada dua, tips kampus atau pasca kampus. Karena aku baru banget di pasca kampus, mending aku menuliskan hal-hal berbau kampus.

Bagaimana aku bisa bertahan?

Aku sendiri takjub dengan kehidupan kampusku yang penuh dinamika. Up and down life collge-nya kerasa.

Gimana dong, caranya biar tetep asik di kampus?

1. Perbanyak Teman

Mumpung di kampus yang heterogen mulai dari suku, agama, kebiasaan, adat, ideologi, dll sebaiknya kamu perbanyak teman. Banyak teman bisa bikin kita nggak cupu dan lebih terbuka dengan orang lain. Kita bisa lebih memahami orang lain lewat bergaul. Nggak gampang judge, terbuka sama pemikiran yang berbeda, nggak gampang baper, selow menghadapi banyak pribadi. Asique kan?

2. Lakukan Apapun yang Kamu Suka

Selama itu positif, nggak melanggar agama, jalani aja! Jangan terkungkung sama kuliah “doang”. Asli rugi! Kerasanya nanti pas menjelang pasca kampus dan ketika pasca kampus. Kalau kamu punya hobi, atau kesukaan apapun itu, lakukan pas di kampus! Kuliah mah cuma 24 jam sepekan, itu selo banget! Sisanya mau ngapa? Belajar sama tidur? Yakin deh, rugi bener nanti. Aku sih kerasa banget ya gimana senengnya melakukan hal-hal yang aku suka dan apa untungnya. Lumayan, menambah skill kita selain akademis.

3. Belajar

Jelas, tujuan pertama masuk kampus ya kuliah. Jangan lupa belajar! Udah susah2 masuk kampus kan, jadi jangan disia-siakan. Kalau ternyata saljur gimana? Misal masih memungkinkan buat lanjut, ya lanjut aja sekuat kamu. Cari sisi lain dari mata kuliah yang bisa kamu kuasai. Pokoke ikhtiar maksimal dulu, lah!

4. Banyak Mendengarkan

Kata Dieter, dinding mendengar hal yang tidak berani diucapkan orang lain. Asal kamu tahu caranya diam, kau pasti akan mendengar lebih banyak dari yang kau harapkan.

Belajarlah mendengarkan, entah suara hati atau suara tenggorokan. Kalau mau mendengarkan, kamu akan mendapat banyak hal. Ilmu, empati, bahkan hati. Hahahahaa..

 

That’s all from me 🙂