(Bukan) Tips Kuliah

pexels-photo

Pilihannya ada dua, tips kampus atau pasca kampus. Karena aku baru banget di pasca kampus, mending aku menuliskan hal-hal berbau kampus.

Bagaimana aku bisa bertahan?

Aku sendiri takjub dengan kehidupan kampusku yang penuh dinamika. Up and down life collge-nya kerasa.

Gimana dong, caranya biar tetep asik di kampus?

1. Perbanyak Teman

Mumpung di kampus yang heterogen mulai dari suku, agama, kebiasaan, adat, ideologi, dll sebaiknya kamu perbanyak teman. Banyak teman bisa bikin kita nggak cupu dan lebih terbuka dengan orang lain. Kita bisa lebih memahami orang lain lewat bergaul. Nggak gampang judge, terbuka sama pemikiran yang berbeda, nggak gampang baper, selow menghadapi banyak pribadi. Asique kan?

2. Lakukan Apapun yang Kamu Suka

Selama itu positif, nggak melanggar agama, jalani aja! Jangan terkungkung sama kuliah “doang”. Asli rugi! Kerasanya nanti pas menjelang pasca kampus dan ketika pasca kampus. Kalau kamu punya hobi, atau kesukaan apapun itu, lakukan pas di kampus! Kuliah mah cuma 24 jam sepekan, itu selo banget! Sisanya mau ngapa? Belajar sama tidur? Yakin deh, rugi bener nanti. Aku sih kerasa banget ya gimana senengnya melakukan hal-hal yang aku suka dan apa untungnya. Lumayan, menambah skill kita selain akademis.

3. Belajar

Jelas, tujuan pertama masuk kampus ya kuliah. Jangan lupa belajar! Udah susah2 masuk kampus kan, jadi jangan disia-siakan. Kalau ternyata saljur gimana? Misal masih memungkinkan buat lanjut, ya lanjut aja sekuat kamu. Cari sisi lain dari mata kuliah yang bisa kamu kuasai. Pokoke ikhtiar maksimal dulu, lah!

4. Banyak Mendengarkan

Kata Dieter, dinding mendengar hal yang tidak berani diucapkan orang lain. Asal kamu tahu caranya diam, kau pasti akan mendengar lebih banyak dari yang kau harapkan.

Belajarlah mendengarkan, entah suara hati atau suara tenggorokan. Kalau mau mendengarkan, kamu akan mendapat banyak hal. Ilmu, empati, bahkan hati. Hahahahaa..

 

That’s all from me πŸ™‚