Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur, Sehat!

Aku punya banyak kebiasaan buruk yang tidak boleh ditiru! Tetapi aku juga punya kebiasaan baik yang malah harus ditiru!

Apa itu?

Begitu bangun dari tidur, minumlah segelas air putih sebelum melakukan aktivitas apapun selain berdo’a. Ambil segelas air putih dan minum sampai habis saat itu juga.

Hasil gambar untuk air putih

Aku mulai melakukan ritual ini ketika aku SMP. Awalnya Abi yang menyuruhku. Sewaktu aku pertama kali mencoba, hueeeekk, rasanya nggak enak! Bayangin aja dong, mulut bau dan penuh iler begitu langsung minum air putih. Ya Allah… Tapi demi kesehatan, ya aku lakukan saja itu setiap hari. Akhirnya menjadi kebiasaan sampai sekarang (dan semoga seterusnya). Kalau lagi di perjalanan atau kegiatan di luar (dome/makrab dll) biasanya sering kelewat. Alhasil tenggorokan jadi kering dan nggak nyaman di mulut sama perut. Hehehe.

Biasanya, setelah minum air putih aku diam sejenak. Beberapa saat kemudian, pasti akan ada rasa pengen pipis/pup yang kemudian aku artikan bahwa sistem pencernaan dan ginjalku sehat. Yey!

Kalau kata doktersehat.com ada 9 manfaat minum air putih ketika bangun tidur alias saat perut kosong: (read http://doktersehat.com/9-manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong-di-pagi-hari/ )

1. Kulit Jadi Berkilau
2. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah 
3. Penyeimbang Sistem Getah Bening
4. Menyeimbangkan Sistem Limpa
5. Melangsingkan Tubuh
6. Membersihkan Usus
7. Menambah Darah
8. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat
9. Memperlancar Buang Air Besar

Nih, contoh ya!!! 🙂

5 thoughts on “Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur, Sehat!

      • Wawa says:

        Hahaha..
        Aku jg baru mulai sih.. Awalnya krna searching di google ttg food combining..
        Pas bangun pagi, saat belum ngapa2in.. Peras jeruk nipis lalu campur air hangat minumnya pelan2.. Seteguk-teguk kalo bs agak kayak dikumur2 gitu. Alhamdulillah aku ga sariawan lg (biasanya sering banget sariawan).

        Kalo pake air hangat, supaya tubuh nggak perlu ngeluarin energi utk mengatur suhuny lagi, bs dibilang penghematan energi dan juga menghindari shock krna kita kan baru istirahat. Kebetulan aku emang suka minum air hangat jd dispenser sering nyala.

        Jeruk nipis yg menghasilkan basa jg bisa menetralkan asam di tubuh kita, jd supaya ph kita lebih seimbang gitu..

        Trus minum pelan2, seteguk demi seteguk itu kebiasaan rasul.. Aku pernah baca kalo rasul itu minumnya pelan2, penjelasan ilmiahnya supaya tubuh bs menerima air lebih baik.

        Tp minum air putih saat baru bangun aja pun udh jd kebiasaan baik kok..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s