Membedah Ikan

Membedah “Semua  Ikan di Langit”

Semalam, bertepatan dengan malam Minggu, aku menyengajakan diri datang ke kegiatan rutin sebuah komunitas. Namanya Klub Buku Yogyakarta (KBY). Aku baru gabung sekitar 2 pekan di komunitas ini. Diskusi pekan lalu aku nggak bisa hadir karena suatu hal. Alhamdulillah diskusi pekan ini aku bisa datang.

Pekan ini, Bengong Bersama KBY (BBK) membedah buku “Semua Ikan di Langit” karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (YEAH! Aku berhasil nulis namanya dengan benar dalam sekali ketik!) yang jadi pemenang lomba penulisan novel dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2016.

Hasil gambar untuk semua ikan di langit

via goodreads.com

Penasaran, akhirnya kami membedah buku itu, di bawah lindungan atap Libera Coffee. Diawali oleh Kak Moo, akhirnya diskusi bergulir meningkahi hujan (dan angin) yang sesekali datang.

Ada yang menyampaikan sisi religi, ada yang menyampaikan sisi gaya bahasa, ada yang menyampaikan jenis penceritaan yang dipakai, dan lain-lain. Setiap orang punya interpretasi dan pendapat masing-masing. Ada juga yang cuma bengong (sesuai nama acaranya!) karena belum baca itu buku. Hahaha.

DSC01269

pas diskusi

Dan ya, buku ini awesome banget! Membahas banyak hal dalam satu hal (piye kui). Banyak pula hal-hal yang terlihat sederhana namun banyak makna. Atau hal yang rumit namun sederhana. Tapi perlu diingat, ini buku fiksi. Kekadang orang suka nyebelin kalo baca buku fiksi.

“Apaan sih ngayal banget ceritanya!”

Yah, namanya buku fiksi, bos. Pengarang ya  ngayal, lah! Ndobos, istilahnya, kalo kata bosque.

Ohya, tadi malam juga aku pesan kopi Toraja (iye, anaknya ga kuat  kalo nge-robusta) pake V60. Dan aku bengong ketika dikasih sebacam botol kek gini buat nampung kopinya, ahahahaaa.

DSC01271

kopi !!

Dugaanku, kopi ini diseduh dengan air bersuhu di atas 90. Puanaasss. Hahaha. Rasa asem yang medium, kusukaaaa banget. Nggak terlalu asem, tapi masih kuat. Ada aroma dan rasa lain selain asam. Tapi karena lidahku belum peka jadi aku ngga bisa jelasin hahaha. Enak-lah pokoknya! Harganya juga cuma 13rb.

Asik juga kedai kopi ini, banyak buku! Banyak banget! Dan aku ngiler karena buku-buku yang aku pengen baca ada banyak di sini huhuhu. Okey maz aku bakal balik lagi eheheh.

Sekian liputan tadi malam!

4 thoughts on “Membedah Ikan

Leave a Reply to izzatyzone Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s