Menua Seperti Anggur?

Aku membaca ungkapan ini sudah lama, dan kembali teringat saat membaca cerita punya Kak Aditia Yudis.

Menua seperti anggur.

Tepat tiga hari dari tanggal ini, dua puluh empat tahun yang lalu. 

Dan sekarang hampir seperempat abad umurku, hampir. Aku bahkan enggak terlalu ingat tanggal itu kalau saja sahabat-sahabatku enggak memberondong mesej ponselku. Ada yang bahkan iseng mengirim paket ke rumah kontrakan –dan datangnya sehari lebih cepat, jelas bikin aku kalangkabut karena enggak ngerasa abis beli di olshop. Kupikir bakal isinya paket mencurigakan dari stranger, atau secret admirer ((egilak pede kali)). Oke, secret admirer membuatku parno. Secret admirer apaan, stalker! 😀

Terima kasih, gengs. Love you all. Enggak perlu aku sebutin satu-satu, kan? Haha.

Kita selalu pengen bermanfaat setiap bertambahnya usia kita. Waktu-waktu yang sudah berlalu, enggak bisa kita minta balik lagi. Waktu senggang pas ngerjain skripsi, atau waktu kuliah, enggak bisa kita minta lagi ketika sudah setua ini –sudah harus mencari uang sendiri dan lain-lain. Tetapi tetap ada porsi waktu yang bisa dimanfaatkan buat berbagi sama orang lain.

Semakin tua, rasanya pengen biar jadi lebih baik semuanya. Dari manajemen diri, kemampuan yang dimiliki, pengelolaan emosi, dan sebagainya. Gampang? Enggak, lah.

Jadi ungkapan menua seperti anggur itu bentuk perlawanan ((halah)) terhadap pandangan kalau tambah tua tuh makin enggak bebas dan sebagainya. Justru harusnya jadi semacam quatervois –titik balik– dari yang belum bisa apa-apa jadi makin bisa dan makin dewasa.

((Udah, menceracaunya?))

Udah. Aku kedinginan soalnya. Hujan dari subuh sampai sesiang ini belum berhenti. Brr…

Semoga berkah, semoga urusannya lancar, semoga semakin bertumbuh!!

Photo by Liana Mikah on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s