Anxiety? Keep Calm, Sis!

jdevaun_snowflake_ykrjqwm

Anxiety merupakan bahasa ilmiah dari kecemasan. Kecemasan adalah suatu perasaan takut yang tidak menyenangkan yang disertai dengan meningkatnya ketegangan fisiologis. Dalam teori pembelajaran dianggap sebaga suatu dorongan yang menjadi perantara antara suatu situasi yag mengancam dan perilaku menghindar. Kecemasan dapat diukur denga self report, dengan mengukur ketegangan fisiologis, dengan mengamati perilaku yang tampak.         (http://www.psychologymania.net/2012/02/kecemasan-anxiety-pengertian-dan-ciri.html)

Setiap kita pasti pernah merasakan cemas. Kalau kata mba Radit di grup kemarin >> cemas cemas.. duh kapan jodoh g dateng ya.. duh kapan gw lulus ya.. duh kapan gw punya anak.. duuhhh... Bahahahaha XD [peace mba radit!]

Aku juga pernah. Cemas, takut, merasa ada ancaman. Beberapa kondisi dengan berbagai pemicu, sih. Cemas gimana kalau jadi pengangguran, takut ngga bisa mendidik anak, takut dijauhin tanpa alasan, dll.

Dan.. harus diselesaikan rasa cemas itu. Biasanya aku melakukan hal-hal ini:

1. Menepi, tarik dan hembuskan nafas pelan-pelan

2. Istighfar

3. Inget-inget selama ini Allah udah kasih banyak banget rezeki dan nikmat

Karena menurutku, rasa cemas berlebihan itu sebenernya nggak perlu. Ajaran ummi ku, “Udah jalanin aja, ngga perlu cemas dan takut, hidup itu seperti air mengalir.”

Salah satu ciri seorang muslim adalah tidak cemas dan takut akan masa depan. Ada Allah, selow aja 🙂

Keep Calm and live your life, Sist! 🙂

Advertisements